Gambir, Bagus Untuk Kesehatan Juga Meningkatkan Vitalitas

Jakartakita.com –  Di sebuah ajang pameran belum lama ini, penulis tanpa sengaja menemukan stand (booth) yang menawarkan beragam produk lokal khas Nusantara. Salah satu dari produk tersebut adalah Gambir.

Seorang teman lantas bercerita panjang lebar mengenai keunikan dan juga manfaat dari Gambir, yang oleh sebagian masyarakat Indonesia umumnya digunakan untuk menyirih.

Wajar saja, teman penulis ini berasal dari sebuah desa di Sumatera Barat, yang merupakan daerah penghasil utama Gambir, selain juga di Sumatera bagian tengah dan selatan.

Dijelaskan, Gambir adalah ekstrak air panas dari daun dan ranting tanaman Gambir yang disedimentasikan dan kemudian dicetak dan dikeringkan. Hampir 95% produksi dibuat menjadi produk ini, yang dinamakan betel bite atau plan masala. Bentuk cetakan biasanya silinder, menyerupai gula merah. Warnanya coklat kehitaman.

“Gambir biasanya dikirim dalam kemasan 50 kg untuk diperdagangkan. Bentuk lainnya adalah bubuk,” jelasnya.

Sejak jaman dahulu, sambungnya, pemakaian tanaman gambir yang memiliki nama biologi “Uncaria Gambir Robx” ini, banyak digunakan sebagai tanaman tradisional untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Tanaman ini bisa tumbuh subur dan merambat dengan bentuk cabang yang lebih panjang. Semua bagian tanaman memiliki duri dengan daun yang berbentuk oval agak bulat. Ujung setiap daun meruncing seperti tanaman suruh. Tangkai daun sangat pendek sehingga tanaman Gambir terlihat sangat lebat. Bunga tanaman kelihatan sangat indah dengan warna mahkota bunga pink. Buah Gambir ada dibagian dalam dengan banyak biji.

Berikut ini manfaat khasiat tanaman Gambir dan beberapa contoh cara mengolah tanaman Gambir untuk dijadikan herbal tradisional:

Sebagai obat
Gambir dapat merangsang keluarnya getah empedu sehingga membantu kelancaran proses metabolisme perut dan usus. Fungsi lain adalah sebagai campuran obat, seperti sebagai luka bakar, obat sakit kepala, obat diare, obat disentri, obat kumur-kumur, obat sariawan, serta obat sakit kulit (dibalurkan)

Sebagai bahan industri
Gambir dapat dimanfaatkan untuk bahan penyamak kulit, bahan pewarna tekstil dan sebagai perekat kayu lapis atau papan partikel.

Sebagai industri farmasi dan makanan
Di antaranya bahan baku obat penyakit hati dengan paten, bahan baku permen yang melegakan kerongkongan bagi perokok di Jepang karena gambir mampu menetralisir nikotin. Sedangkan di Singapura gambir digunakan sebagai bahan baku obat sakit perut dan sakit gigi

Sebagai pestisida nabati
Gambir dapat dipergunakan sebagai pestisida nabati karena dapat dipergunakan untuk mengendalikan pathogen Fusarium Sp sebagai penyebab penyakit becak daun tanaman klausena dan untuk mengendalikan F. Oxysporium penyebab penyakit layu tanaman cabai, dan F. oxysporium f.Sp Licopersici penyebab penyakit layu tanaman tomat.

Untuk mengobati suara parau dan sariawan mulut
Seduh sepotong gambir dan 3 helai daun sirih segar dalam air 110 ml, gunakan untuk berkumur 2 kali sehari ( pagi dan sore ) ukuran untuk tiap kali berkumur adalah 100 ml, lakukan selama 1 minggu.

Untuk mengobati mencret
Sepotong gambir dan sepotong kunyit, lalu tambahkan patikan cina segar segenggamdan air 110 ml.  Lalu bahan tersebut dibuat infus, diminum 1 kali sehari 100 ml. Lama pengobatan diulang selama 3 hari.

“Selain beragam manfaat diatas, Gambir juga bagus untuk meningkatkan vitalitas sex. Caranya pun mudah, yakni hanya dengan memakannya beberapa jam sebelum melakukan hubungan intim,” tandas teman tadi.

Mau mencobanya?

(Tulisan diolah dari berbagai sumber)

Ekstrak Uncaria

1 Botol Ekstrak Uncaria Isi Bersih 50 gram –
Jenis Bubuk

Rp. 345.000,-

Menu